Malaria like atau yang lebih tepat disebut leucocytozoonosis adalah penyakit unggas yang disebabkan oleh parasit Leucocytozoon sp. Parasit ini hidup di dalam sel-sel darah merah dan ditularkan dari ayam sakit ke ayam sehat oleh lalat hitam (Simulium sp.) melalui gigitan.

ayam-broiler-mati

Kasus malaria like umumnya sering terjadi pada musim pancaroba dan musim hujan karena dipengaruhi oleh tingginya populasi lalat pada musim-musim tersebut. Dari data tenaga teknis lapangan Medion (2016) dilaporkan pula bahwa kasus malaria like cukup sering menyerang ayam broiler mendekati umur panen, yaitu sekitar 29-35 hari.

Selain muntah darah dan kotoran hijau, gejala klinis lain dari serangan malaria like di antaranya ayam hilang nafsu makan, terlihat pucat, dan kadang mengalami kelumpuhan. Tingkat kematiannya pada anak ayam sekitar 7-50%, sedangkan pada ayam dewasa sekitar 2-60%. Perubahan yang ditemukan pada saat bedah bangkai di antaranya ditemukan bintik atau bercak perdarahan di hampir seluruh organ dalam, seperti hati, paru-paru, limpa, thimus, ginjal, pankreas, usus, otak, otot dada, dan otot paha. Pada rongga perut dan saluran pernapasan juga sering dijumpai adanya gumpalan darah.

Untuk periode pemeliharaan berikutnya, guna mencegah serangan malaria like terjadi kembali, sebaiknya Bapak melakukan tindakan pengendalian lalat dengan:

  1. Membersihkan feses minimal 1 minggu sekali untuk memutus siklus perkembangbiakan lalat.
  2. Menambahkan kapur tohor pada permukaan sekam (litter) atau feses yang lembab sehingga tidak menjadi tempat bagi lalat berkembangbiak.
  3. Segera menyingkirkan bangkai ayam mati maupun telur yang pecah agar tidak memicu lalat untuk datang ke kandang.
  4. Mengendalikan populasi lalat yang sudah terlanjur banyak berkeliaran di sekitar kandang menggunakan produk Larvatox (untuk membasmi larva lalat) dan Flytox serta Delatrin (untuk membasmi lalat dewasa).

semoga membantu.

sumber : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>