Para Pembaca yang budiman, pada saat musim hujan ekstrim seperti ini anda harus lebih cermat dalam mengamati ksehatan ayam anda karena penyakit CRD Banyak di temukan menyerang ternak ayam. Untuk itu di perlukan langkah – langkah untuk pengobatannya.

ayam-sakit-crd

 langkah-langkah yang juga perlu dilakukan untuk menuntaskan penanganan  CRD yaitu:

  1. Penambahan litter baru pada area litter yang sudah lembab. Sebelum ditambah litter baru, taburi litter yang lama dengan kapur untuk membunuh koksidia yang tidak tahan terhadap panas dari kapur. Sebaiknya gunakan kapur aktif agar lebih efektif. Litter yang lembab dan hangat mendukung dalam perkembangan ookista. Ookista yang dikeluarkan ayam melalui feses menjadi aktif apabila berada pada suhu 25-30⁰C dan merupakan sumber penularan apabila ookista aktif ini termakan oleh ayam lain. Pada kasus yang parah, ayam dapat mengeluarkan feses bercampur darah yang mengandung ribuan ookista, apabila hal ini terjadi sebaiknya litter yang bercampur feses berdarah segera diangkat agar dapat memutus siklus hidup ookista. Ookista dapat bertahan dalam litter selama beberapa hari, maka dari itu litter yang telah diangkat sebaiknya segera dijauhkan dari kandang agar tidak mencemari lingkungan kandang.
  2.  Perbaikan kualitas udara dalam kandang. Pembukaan tirai atau penambahan fan (blower) dapat memperbaiki kualitas sirkulasi udara dalam kandang. Hal ini dapat mengurangi kelembaban litter dan mencegah sporulasi ookista. Selain itu, litter lembab dapat memicu timbulnya amonia yang dapat memperparah CRD yang diderita. Untuk mengurangi kadar amonia dalam kandang dapat pula memakai Ammotrol sehingga kejadian CRD dapat ditekan.
  3. Mengatur kepadatan kandang. Standar kepadatan ayam yang ideal adalah 15 kg/m2 atau setara dengan 6-8 ekor ayam pedaging dan 12-14 ekor ayam petelur grower (pullet) per m2 nya. Kepadatan ayam yang cukup akan mengurangi feses yang dihasilkan sehingga sekam tidak cepat lembab dan memaksimalkan jumlah oksigen yang ada dalam kandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>