Setalah lama vacum kali ini penulis akan membahas Vaksinasi Pada Ayam.  Vaksinasi bertujuan menggertak sistem kekebalan tubuh guna menghasilkan antibodi. Untuk mencegah penyakit Gumboro, penentuan waktu vaksinasi disesuaikan dengan waktu serangan penyakit. Vaksinasi yang dilakukan pada DOC saat kadar antibodi maternal masih tinggi dengan pemilihan vaksin yang kurang tepat akan memicu efek netralisasi virus vaksin oleh antibodi maternal, serta memicu stres yang lebih tinggi. Akibatnya, vaksin tidak bisa bekerja optimal menggertak pembentukan antibodi.


Pada kondisi tertentu di mana serangan Gumboro terjadi pada umur < 21 hari, atau > 21 hari dengan kematian tinggi (> 5%), maka perlu digunakan vaksin yang tepat dengan jenis intermediate plus seperti Medivac Gumboro A. Jika serangan yang terjadi < 21 hari, vaksinasi dapat dilakukan pada umur 7 hari. Medivac Gumboro A sangat direkomendasikan karena memiliki daya tembus yang tinggi terhadap antibodi maternal sehingga netralisasi dapat dihindari. Namun jika umur serangan > 21 hari, dengan tingkat kematian rendah (< 5%), maka bisa menggunakan Medivac Gumboro B pada ayam umur 10 – 14 hari.

Penentuan umur vaksinasi Gumboro yang lebih tepat lagi bisa dibantu dengan mengukur antibodi maternal yang dimiliki oleh anak ayam. Caranya dengan mengambil sampel darah (serum, red) anak ayam umur 1-4 hari. Kemudian diuji dengan metode ELISA (Enzyme-linked Immunosorbent Assay). Dari data titer antibodi maternal ini bisa dihitung perkiraan umur vaksinasi Gumboro dan pemilihan jenis vaksinnya. Namun jika peternak kesulitan untuk melakukan pemeriksaan titer antibodi maternal, umur vaksinasi dapat diperkirakan berdasarkan umur serangan Gumboro pada periode-periode sebelumnya. Vaksinasi dilakukan paling lambat 2 minggu sebelum terjadinya serangan, karena antibodi protektif dari vaksinasi menggunakan vaksin aktif (live-vaccine) terbentuk 2 – 3 minggu post vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>