Virus flu burung sudah tidak asing lagi bagi kita, virus yang satu ini sangat meresahkan terutama bagi para peternak ayam karena jika terlambat memberikan vaksin flu burung akan berakibat fatal jika terjadi penyerangan virus ini. jika satu ekor ayam sudah terinfeksi  maka bisa satu kandang habis dalam satu hari.

Vaksin yang tergolong baru untuk mencegah serangan flu burung adalah vaksin untuk virus baru flu burung H5N1 clade 2.3.2. vaksin atas varian baru itu didapat dari kajian Pusat Pemberdayaan Masyarakat Veteriner di Surabaya. ”Sudah ditetapkan masterseed vaksin dari virus AI clade 2.3.2 adalah isolat virus dari Sukoharjo dengan kode IB.

virus baru flu burung H5N1 clade 2.3.2.  varian ini pertama kali ditemukan di Brebes, dan sudah menjangkiti 56 kabupaten/kota. Pemerintah hingga kini belum mengetahui mengapa Brebes menjadi daerah yang pertama kali diserang virus tersebut.

Disamping pemberian vaksin flu burung hal yang perlu di lakukan adalah membersihkan kandang dan sekitarnya serta pemberian vitamin pada ayam agar ayam tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>