vaksin untuk ayam

tujuan ayam di beri vaksin adalah untuk mencegah ayam terserang penyakit yang di akibatkan bakteri maupun virus. banyak jenis vaksin tersedia seperti vaksin ND (tetelo) agar ayam tidak terserang penyakit tetelo.

disamping pemberian vaksin ada baiknya kita menggunakan antibiotik, menurut pengalaman penulis antibiotik yang di gunakan adalah Trimezyn-Medion.  Trimezyn mengandung trimethoprin dan sulfadiazin, sebagai obat ayam yang menderita penyakit korisa (pilek, snot), CRD (ngorok), kolera (berak hijau), fowl typhoid (mencret kuning), pullorum (berak kapur), colibacillosis, dan lainnya.

Trimezyn tersedia dalam bentuk kaplet ukuran 50 butir Rp. 3.500. Gunakan 1 butir/hari untuk ayam remaja dan dewasa, ½ butir untuk ayam sedang, ¼ butir (atau dibubukin dan diaduk dengan makanan) untuk anakan kecil dibawah 1 bulan.

pemberian vaksin yang sangat di anjurkan oleh penulis adalah vaksin untuk flu burung karena ini adalah penyakit yang paling berbahaya bisa menular kepada manusia. vaksin untuk menanggulangi ini adalah H5N1 clade 2.3.2 strain.

2 thoughts on “vaksin untuk ayam

  1. It’s an amazing piece of writing for all the internet users; they will obtain benefit from it I am sure.

Leave a Comment