Vaksin pada ayam bisa di lakukan dengan suntikan atau air minum, salah satu contoh vaksin yang melalui air minum adalah Medimilk produk dari medion, Medimilk merupakan salah satu produk stabilizer air yang akan digunakan untuk vaksinasi melalui air minum. Sebagai stabilizer, Medimilk dapat memperbaiki mutu air yang akan digunakan sebagai pelarut vaksin melalui air minum. Selain itu, Medimilk juga dapat mengikat logam, ion-ion Ca2+ & Mg2+ dari air sadah yang dapat merusak vaksin.

medimik vaksin air minum

Mekanisme kerja Medimilk sebagai stabilizer dapat dijelaskan dari protein yang terkandung di dalamnya. Sifat protein yang mudah berikatan dengan logam akan menyebabkan berat molekul protein bertambah dan terdenaturasi. Akibatnya lama-kelamaan akan mengendap dan logam pun tidak dapat menganggu stabilitas virus vaksin.

Penambahan 2,5 ppm skim milk dapat menetralkan sampai 4 ppm klorin bebas, dengan demikian dapat mencegah gangguan saat vaksinasi. Oleh karena itu tambahkan 10 gram Medimilk tiap 5 liter air, aduk sampai rata dan biarkan selama 15-30 menit baru campurkan vaksin ke dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>