Bagi anda peternak ayam aduan ataupun ayam broiler hendaknya mengerti akan kebutuhan suplement untuk ayam.  Jika tidak berkualitas, maka kasus defisiensi nutrisi pun bisa muncul. Di lapangan sendiri, jika ditemukan ayam yang mengalami gejala kasus defisiensi mineral, maka salah satu jalan keluar yang direkomendasikan ialah dengan menambahkan feed supplement ke dalam ransum.

Top Mix suplement mineral untuk ayam

 Pada kasus defisiensi kalsium dan fosfor, sebenarnya penting bagi peternak agar sebelumnya memastikan bahwa dalam formulasi ransum yang dibuat, kandungan kalsium serta fosfornya sudah memenuhi nilai standar kebutuhan ayam, dan rasio perbandingan kedua mineral tersebut juga telah sesuai. Dan untuk mengetahui berapa kadarnya, peternak bisa melakukan uji laboratorium kualitas ransum di lembaga terkait atau MediLab (Medion Laboratorium). Bahan baku ransum yang bisa digunakan sebagai sumber calsium dan fosfor dalam formulasi ransum diantaranya MCP (monocalcium phosphate), DCP (dicalcium phosphate) atau tepung batu.

Namun yang perlu diperhatikan dalam menangani kasus defisiensi Kalsium dan fosfor adalah bahwa peternak perlu melakukan suplementasi vitamin D3 dan C yang sangat berpengaruh terhadap daya serap kalsium dan fosfor di dalam tubuh ayam. Karena akan percuma jika kandungan kalsium dan fosfor sudah sesuai, namun bahan pembantu untuk penyerapannya, yaitu vitamin D3 dan C, tetap kurang jumlahnya.

Selanjutnya untuk mengatasi dan mencegah kasus defisiensi trace mineral, suplementasi trace mineral mutlak diperlukan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kebutuhan trace mineral ini akan semakin meningkat seiring dengan menurunnya kondisi ayam akibat pengaruh lingkungan. Tidak hanya itu, jarang adanya jasa pengujian laboratorium terkait untuk mendeteksi kandungan trace mineral ini mengharuskan peternak tetap waspada akan kasus defisiensinya, sehingga suplementasi diperlukan.

Pada dasarnya, suplementasi mineral bisa dilakukan oleh peternak dalam bentuk penambahan mineral tunggal atau sekalian dalam bentuk penambahan premiks. Di dalam premiks, selain terkandung mineral, juga terdapat nutrisi lain seperti asam amino dan berbagai multivitamin. Beberapa produk suplemen mineral produksi Medion yang bisa digunakan diantaranya Top Mix dan Mineral Feed Supplement A.

kutipan artikel dari medion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>