ayamku.info, kali ini akan berbagi Tips Merawat Ayam Bangkok Agar Jadi Jawara, ayam juga memerlukan perawatan rutin agar menjadi petarung yang handal dan kuat. ada beberapa tips rutin yang harus dilakukan agar hasilnya menjadi maksimal yaitu :

negro ayam jawara

  1.  Berikan latihan fisik dan mental.
    Ayam laga diibaratkan sebagai atlit tinju. Oleh karena itu diperlukan latihan fisik dan mental dari ayam tersebut. Hal itu bertujuan agar ayam tampil prima saat ditarungkan dalam arena pertandingan. Sebelum mulai latihan, ayam laga dapat diberikan sedikit pakan (bukan porsi penuh) untuk energi saat latihan.
  2. Mandikan ayam pada pagi hari (sebaiknya saat matahari sudah bersinar)
    Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi ayam tetap bersih dan sehat. Ayam akan memperoleh suasana segar setelah mandi sehingga lebih prima untuk bertarung.
  3. Setelah dimandikan, jemur ayam beberapa saat hingga kering kemudian umbar ayam hingga sore hari
  4. Berikan pakan dan minum berkualitas dengan jumlah sesuai kebutuhan ayam. Seperti poer, dedak, beras merah, jagung maupun pakan lain yang disesuaikan dengan umur ayam.

  5. Masukkan ayam ke dalam kandang sekitar pukul 03.00-04.00 sore.
  6. Dua hari sekali berikan suplemen vitamin (Super Power atau Super Top) dan makanan tambahan lain (gula merah, tomat, kecambah, minyak ikan, dll).
  7. Terapkan tindakan pencegahan dan penanganan penyakit dengan tepat:
  •  Pisahkan dan karantina ayam yang baru datang
  • Bersihkan kotoran kandang setiap hari
  • Semprot kandang dengan desinfektan (Medisep)
  • Cegah tikus masuk ke dalam kandang untuk mencegah kontaminasi pakan dan air minum
  • Berikan obat cacing (Levamid) secara rutin sebulan sekali
  • Segera pisahkan ayam sakit dan buang bangkai ayam mati. Beri antibiotik (Neo Meditril) saat terserang penyakit ngorok (CRD), snot (korisa), berak hijau (kolera), berak kapur (pullorum), dan gangguan pernapasan (colibacillosis). Berikan pula vitamin (Solvit) saat malam hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

sumber medion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>