Kali ini kami akan berbagi tips tentang cara meningkatkan produksi telur ayam agar maksimal, Agar produksi ayam maksimal harus diawali dari tercapainya target ayam pullet (ayam dara/ayam siap berproduksi) yaitu berat badan sesuai standar (+ 1.385 g/ekor pada umur 16 minggu) dan keseragaman ayam dilihat dari berat badan maupun kematangan mencapai > 80 %.

 

sumber gambar bintang.com

Agar target ayam pullet tercapai perhatikan hal-hal berikut ini :

  • Masa pemeliharaan periode starter harus benar-benar optimal karena sangat menentukan periode pemeliharaan berikutnya.
  • Kualitas ransum yang diberikan ke ayam harus sesuai dengan kebutuhan ayam, terutama kandungan energi metabolisme dan protein untuk setiap periodenya. Pada periode grower lebih rendah dibanding pada pemeliharaan periode starter dan layer.
  • Jaga kondisi farm agar nyaman untuk pemeliharaan ayam, seperti cukup tersedianya ventilasi udara agar sirkulasi udara lancar sehingga kandang tidak terlalu panas/pengap. Selain itu juga agar oksigen tersedia dalam jumlah cukup. Hindari juga hal-hal yang menyebabkan ayam stres.
  • Lakukan program kesehatan seperti vaksinasi dan pemberian antibiotik untuk mencegah adanya infeksi penyakit dan memberikan kekebalan terhadap tubuh ayam.
  • Lakukan kontrol berat badan (BB) secara rutin dan segera lakukan treatment saat BB tidak sesuai dengan standar
  • Perhatikan juga program pencahayaan, pada masa grower tidak boleh menambah pencahayaan karena dapat menimbulkan dewasa kelamin dini akibatnya ayam akan bertelur lebih awal tapi tidak bisa mencapai puncak produksi serta kualitas telurnya juga jelek (ukuran telur kecil-kecil).

sumber artikel : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>