Pencahayaan pada ayam sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan ayam, ini harus nya di perhatikan oleh para peternak ayam. Terkadang kita kurang memperhatikan terhadap pencahayaan tersebut sehingga pertumbuhan ayam kurang maksimal

Disini kami berbagi informasi tentang teknik pencahayaan ayam yang bersumber dari info.media.co.id.

Ketentuan Pencahayaan

Setelah mengetahui fungsi dari cahaya, kita tahu ada begitu banyak manfaat bagi ayam petelur jika cahaya bisa diprogram dengan baik. Nah, terkait program pencahayaan ini, dasarnya ada pada lama dan besarnya intensitas cahaya yang diberikan. Selanjutnya, faktor lain seperti jumlah lampu, jarak dan distribusi lampu, warna gelombang serta jenis lampu yang digunakan sebaiknya juga ikut diperhatikan.

a) Lama dan intensitas pencahayaan

Pada ayam petelur, lama pencahayaan dan intensitas cahaya sangat dipengaruhi oleh periode atau umur ayam.

  • Masa starter (0-6 minggu): ayam diberikan pencahayaan dengan intensitas paling tinggi (20-40 lux) dan waktu paling lama, khususnya saat brooding (21-24 jam). Tujuannya untuk mempermudah ayam mengenali tempat ransum dan air minum sehingga merangsang aktivitas makan serta memacu pertumbuhan.
  • Masa grower (7-18 minggu): cahaya diberikan dalam waktu paling singkat (12 jam atau hanya dari cahaya matahari) dengan intensitas terendah (5-10 lux). Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol perkembangan saluran reproduksi dan pencapaian berat badan yang optimal saat mulai berproduksi. Jika pada masa ini ayam diberi cahaya berlebihan, maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, ayam akan bertelur dini. Kedua, berat badan ayam akan melebihi standar sehingga akan memperbesar kemungkinan kasus prolapsus.
  • Masa layer (> 18-80 minggu): cahaya diberikan maksimal 16 jam dengan intensitas 10-20 lux.

Adapun ketentuan terkait penambahan cahaya pada masa ini, antara lain:

  1. Penambahan lama pencahayaan harus segera dilakukan saat ayam pertama kali bertelur.
  2. Penambahan lama pencahayaan berikutnya dilakukan secara ber-tahap yaitu bertambah ½ jam di tiap minggunya terhitung saat ayam pertama kali bertelur, hingga akhir-nya mencapai 16 jam.
  3. Jangan mengurangi lama pencahaya-an saat ayam berproduksi telur, terlebih lagi saat masa kritis (masa awal produksi sampai produksi puncak), yaitu di umur 18-28 minggu.

Pada fase layer ini, adanya pencahayaan akan membantu proses pembentukan telur, pertumbuhan berat badan dan membantu metabolisme Ca serta P yang sangat diperlukan untuk pembentukan kerabang telur dan tulang.

b) Jenis lampu

Pemilihan jenis lampu dalam pemeliharaan ayam petelur, sebaiknya disesuaikan dengan warna lampu yang dibutuhkan. Secara umum, ada 2 jenis lampu yang bisa digunakan untuk kandang ayam petelur di Indonesia, yaitu incandescent lamps dan fluorescent lamps.

  • Incandescent lamps adalah lampu pijar berbentuk bohlam yang menghasilkan cahaya dengan menyalurkan arus listrik melalui filamen yang ada di dalamnya. Lampu jenis ini umumnya berwarna oranye-merah, meskipun ada pula yang berwarna biru-putih. Harganya yang murah menjadikan lampu jenis ini banyak digunakan peternak. Meski demikian, lampu ini termasuk boros energi listrik.
  • Fluorescent lamps atau yang biasa kita kenal dengan istilah lampu neon adalah lampu listrik yang memanfaatkan gas neon dan lapisan fluorescent sebagai pemendar cahaya pada saat dialiri arus listrik. Meski harganya lebih mahal, namun lampu jenis ini mampu menghasilkan cahaya per watt lebih tinggi daripada lampu bohlam biasa (incandescent lamps). Jika peternak ingin menggunakan lampu ini untuk menerangi kandang ayam produksi, sebaiknya pilih lampu neon yang memancarkan warna oranye-merah (bisa disesuaikan dengan spesifikasi yang tertera pada kemasan lampu).

 untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi situs resmi info media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>