Tahukah anda ternyata ayam juga dapat terserang penyakit malaria. Kasus malaria pada ayam bisa disebabkan oleh dua agen protozoa yaitu Leucocytozoon sp. (penyebab kasus malaria like) dan Plasmodium sp. (penyebab kasus malaria unggas). Namun kasus malaria akibat infeksi Leucocytozoon sp. lebih banyak ditemui ketimbang malaria akibat Plasmodium sp.

Malaria Pada Ayam

Malaria like atau yang lebih tepat disebut leucocytozoonosis, adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa Leucocytozoon sp. yang hidup di jaringan maupun sel-sel darah. Leucocytozoonosis ditularkan oleh lalat hitam (Simulium sp.) dan nyamuk Culicoides sp. Kedua serangga tersebut bertindak sebagai vektor dan menginfeksi ayam sehat melalui gigitan. Genangan air merupakan media ideal bagi perkembangbiakan nyamuk dan serangga lain. Maka tak heran apabila saat musim pancaroba atau musim hujan, serangan leucocytozoonosis seringkali muncul.

Meskipun kasus penyakit ini lebih sering ditemukan pada peternakan ayam pedaging, bukan berarti peternakan ayam petelur luput dari serangan. Gejala klinis leucocytozoonosis antara lain munculnya bintik-bintik merah di bawah kulit dan otot, serta feses berwarna kehijauan. Ayam terlihat lesu, menggigil kedinginan dan bahkan mengalami muntah darah.

Perubahan yang ditemukan pada saat bedah bangkai diantaranya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan pada hampir seluruh organ dalam tubuh (hati, paru-paru, limpa, timus, ginjal, pankreas, usus, proventrikulus, bursa Fabricius, otak, otot dada, dan otot paha). Pada rongga perut dan saluran pernapasan sering dijumpai adanya gumpalan darah. Perdarahan yang hebat akan menyebabkan kekurangan darah dengan gejala jengger mengkerut berwarna pucat/kecoklat-coklatan. Tingkat kematiannya pada anak ayam 7-50%, sedangkan pada ayam dewasa sekitar 2-60%.

Jika ayam sudah memperlihatkan gejala klinis penyakit leucocytozoonosis, langkah terbaik ialah segera melakukan pengobatan secara tuntas. Contoh obat yang bisa digunakan untuk mengobati leucocytozoonosis adalah Maladex, Antikoksi, Duoko atau Coxy (pilih salah satu dan gunakan sesuai aturan pakai).

sumber info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>