Setelah sebelumnya membahas Mengenal parasit yang menyebabkan berak darah pada ayam, sekarang kita cari solusi untuk Obati ayam dari berak darah karena parasit. Ayam yang terserang koksidiosis atau berak darah  bisa diobati dengan pemberian obat seperti Coxy, Antikoksi atau Koksidex mengandung zat antiparasit golongan sulfonamida.

Obat koksidiosis biasanya diberikan dengan metode 3-2-3 yaitu 3 hari obat, 2 hari air minum tanpa obat dan 3 hari obat. Hal ini berkaitan dengan daya kerja zat aktif obat, dimana pada 3 hari pertama, sulfonamida akan efektif menghambat siklus seksual Eimeria sp. Selanjutnya selama 2 hari pemakaian obat dihentikan karena perkembangan Eimeria sp.

memasuki tahap aseksual dan sulfonamida tidak mampu menghambat perkembangan di tahap aseksual tersebut. Selain itu, penghentian obat selama 2 hari ini juga bertujuan untuk menghindari pemberian sulfonamida yang berlebihan karena pemberiannnya dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan efek samping. Pemberian obat kemudian dilanjutkan kembali selama 3 hari sebagai pengulangan dan untuk membunuh ookista dari lingkungan yang menginfeksi kembali sehingga dihasilkan efek terapi yang optimal. Untuk mencegah terjadinya resistensi, sebaiknya lakukan pula rolling pemberian obat koksidiosis.

sumber : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>