ini adalah hal menarik yang nampaknya perlu kami ulas kembali, Bagaimana cara mengantisipasi ayam broiler yang sering terserang CRD pada umur 24 hari ? sebuah pertanyaan di forum medion yang di tanyakan oleh bapak dahlan. mungkin ini adalah sebuah kasus yang menjadi momok bagi peternak ayam broiler. terus bagamaimanakah solusinya ?

CRD

berikut ini adalah solusi yang di berikan oleh medion : “Waktu pemberian antibiotik salah satunya berdasarkan pada kejadian kasus-kasus penyakit periode pemeliharaan sebelumnya. Apabila pada periode sebelumnya sering terserang CRD pada umur 24 hari, maka pemberian antibiotik dapat diberikan pada umur 20-24 hari. Hal ini terkait dengan masa inkubasi (masa masuknya bibit penyakit sampai munculnya gejala klinis).

Bakteri Mycoplasma gallisepticum memiliki masa inkubasi sekitar 5-6 hari. Jadi tujuan pemberian obat lebih awal diharapkan bibit penyakit yang sudah masuk dibunuh/ dihambat terlebih dahulu sebelum menampakkan gejala klinis. Selain waktu pengobatan yang tepat, perlu diminimalkan pula faktor predisposisi seperti kadar amonia, ventilasi udara maupun kondisi litter.

Ayam broiler pada umur 24 hari mengalami peningkatan metabolisme sehingga panas yang dikeluarkan semakin banyak. Dengan demikian, perhatikan pula kepadatan kandang. Selain itu perlu didukung dengan menjaga stamina ayam agar tetap prima dengan pemberian multivitamin seperti Vita Stress/Fortevit.”

sumber info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>