Setelah sebelumnya membahas Tips ketahui jika ayam terkena Penyakit CRD, kali ini saya akan ajak anda untuk mengenali jenis penyakit ayam Infectious coryza/Korisa. Gejala klinis yang terlihat yaitu bersin, ngorok, keluar eksudat kental dari hidung dan berbau khas, muka bengkak dan mata tertutup (kondisi parah).

Sedangkan perubahan organ/patologi anatomi yang terjadi yaitu sinus hidung terdapat peradangan dan adanya eksudat kental dan berbau khas, trakhea mengalami peradangan dan adanya eksudat. Jika serangan korisa sudah menyebabkan ayam mengalami kebengkakan muka yang parah dan nafsu makan turun, berikan antibiotik injeksi seperti Gentamin, Medoxy-LA, atau Vet Strep.

Ayam dengan tingkat keparahan ringan sampai sedang (ayam masih bisa makan dan minum), perlu diobati antibiotik yang memiliki daya serap lebih tinggi ke jaringan, seperti Amoxitin, Proxan-S, Doctril, atau Neo Meditril. Isolasi atau pisahkan ayam yang terlihat sakit, kubur ayam yang mati sejauh mungkin dari lingkungan kandang, serta pemberian multivitamin, seperti Fortevit, Vita Stress atau Vita Strong untuk meningkatkan kondisi tubuh ayam.

sumber : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>