Berternak ayam broiler tidak semudah yang di bayangkan karena tingkat kesulitannya lumayan tinggi , bahkan jika kurang teliti dalam perawatannya akan menimbulkan kegalalan panen, berikut ini beberapa hal yang akan membuat gagal panen ayam broiler dan harus di hindari peternak :

ayam broiler

  1. Kandang belum siap saat penerimaan DOC (chick in)
    Kondisi ini terjadi terutama jika masa istirahat (kosong kandang) yang diberlakukan terlalu singkat, sehingga peternak belum sempat melakukan pembersihan kandang atau peralatan secara menyeluruh. Jika hal ini terjadi, maka DOC tidak akan segera mendapat tempat tinggal yang nyaman.
  2. Kandang indukan terlalu padat. Dengan alasan efisiensi, kandang indukan diisi dengan jumlah ayam melebihi kapasitas. Akibatnya terjadi persaingan antar anak ayam dalam mendapatkan makan, minum, dan udara bersih
  3.  Ayam kepanasan atau kedinginan Dengan anggapan bahwa anak ayam harus mendapat suhu hangat yang optimal, maka tak jarang peternak terus menerus menyalakan banyak pemanas meski anak ayam sudah agak besar. Alhasil anak ayam justru mengalami kepanasan dan stres. Kasus lain, yaitu kondisi kedinginan biasanya terjadi akibat peternak terlalu menghemat penggunaan pemanas. Misalnya kapasitas satu pemanas untuk menghangatkan 1.000 ekor anak ayam, namun digunakan untuk lebih dari 1.000 ekor.
  4.  Kandang pengap
    Kasus lainnya, karena alasan takut kedinginan, ada peternak yang menutup tirai secara total tanpa memberikan celah ventilasi sama sekali. Padahal hal ini tidak baik karena udara bersih (oksigen, red) di dalam kandang akan berkurang dan udara kotor (karbondioksida, red) meningkat. Ditambah dengan manajemen litter yang tidak baik sehingga gas amonia ikut meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>