Sangat menarik sekali saat penulis mencari referensi di medion, ternyata air minu yang di campur gamping mempunyai efek tersendiri pada ayam. Hal ini akan membuat Vaksin aktif yang berisi mikroorganisme hidup yang telah dilemahkan, kestabilannya akan menurun saat kontak langsung dengan air yang memiliki pH basa.

oke untuk lebih jelas nya kita lihat penjelasan dari info.medion.co.id

Batu gamping atau yang dikenal juga dengan batu kapur adalah batuan fosfat yang sebagian besar tersusun oleh mineral kalsium karbonat (CaCo3). Warnanya putih keabu-abuan. Batu ini bersifat basa dan saat direaksikan dengan air akan menyebabkan terjadinya kenaikan suhu (panas). Di satu sisi, panas yang dihasilkan dari reaksi tersebut cukup menguntungkan karena mampu membunuh bakteri yang ada di dalam air minum, salah satunya Mycoplasma gallisepticum sebagai agen penyebab CRD. Namun di sisi lain, sifat basa yang dimiliki oleh batu ini akan ikut meningkatkan pH air pada kadar tertentu, sehingga sangat berpengaruh terhadap efektivitas vaksin maupun antibiotik.

Vaksin aktif yang berisi mikroorganisme hidup yang telah dilemahkan, kestabilannya akan menurun saat kontak langsung dengan air yang memiliki pH basa. Sementara beberapa golongan antibiotik, seperti fluoroquinolon dan tetracycline yang cukup efektif untuk pengobatan CRD, saat dicampur dengan air yang bersifat basa atau mengandung mineral seperti Ca2+, Mg2+ dan Al3+, zat aktifnya juga akan diikat oleh mineral tersebut. Dampaknya, penyerapan obat di saluran pencernaan akan menurun sehingga daya kerja obat pun tidak optimal. Efek negatif lain dari penambahan batu gamping ke dalam air minum ialah merubah warna air menjadi lebih putih dan agak keruh. Hal ini pula yang dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah konsumsi air minum ayam.

Dengan melihat beberapa efek yang bisa ditimbulkan, maka penambahan batu gamping pada air minum untuk menangani kasus CRD, sebaiknya tidak dilakukan saat akan melakukan program vaksinasi serta pemberian antibiotik melalui air minum. Selain itu, karena dosis penambahan gamping pada air minum juga belum diketahui secara pasti, maka hal ini harus Bapak pertimbangkan secara hati-hati. Selain batu gamping, jenis desinfektan lain yang memiliki dosis tepat banyak macamnya. Salah satunya yang kami sarankan ialah menggunakan Desinsep (30 ml setiap 1000 liter air) karena lebih efektif untuk membunuh bakteri penyebab CRD dan colibacillosis di dalam air tanpa menyebabkan perubahan pH dan menurunkan kualitas air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>