Memilih bibit ayam yang bagus untuk ayam aduan salah satunya adalah memiliki tulang supit yang rapat. ini mungkin hanyalah kebiasaan atau ciri yang selalu di ingat oleh peternak karena setiap ayam yang tulang supitnya rapat akan memiliki kualitas bagus dalam bertarung namun kami juga belum menemukan alasan ilmiahnya.

tapi kami coba melakukan browsing untuk mencari jawaban secara ilmiyahnya dan ada yang menarik penjelasan dari forum papaji. berikuta ulasannya :  Tulang supit menggambarkan keadaan tulang di dalam tubuh ayam. Bila tulang supit tebal dan keras, maka bisa diartikan tulangan dalam tubuh ayam juga keras dan tebal.
Tulangan yg kokoh memungkin otot2 menempel dan tumbuh dgn baik. Maka jangan heran, ayam yg memiliki tulang supit tebal dan kokoh rata2 memiliki power yg baik dan lebih mudah dirawat.

Tulang supit yg rapat mencirikan pukulan yg cepat. Sy belum secara cermat membuktikan. Tulang supit yg agak renggang mencirikan stamina ayam yg ekstra. Ini mungkin beralasan krn diantara kedua tulang supit yg agak renggang artinya ada ruang yg lebih luas bagi organ2 tubuh untuk leluasa mengembang dan ‘bernapas’ dalam kondisi lelah akibat bertempur lama.
CMIIW

Brutu adlh tempat bulu2 ekor tumbuh. Sementara ekor berfungsi sbg alat keseimbangan ketika ayam melompat melontarkan pukulan.
Brutu yg besar dan rapat ke badan memungkinkan ayam lebih bisa mengendalikan keseimbangan tubuh. Pada akhirnya bisa melontarkan pukulan dgn lebih cepat dan akurat.

Penjelasan diatas hanyalah sebagian teori pedukung saja. Pada kenyataannya, ayam yg memiliki pukulan yg keras dan akurat dipengaruhi juga faktor2 lain yg harus mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>