Saat musim hujan seperti ini ayam rentan terkena penyakit , untuk itu diperlukan cara agar ayam memilki daya tahan tubuh yang kuat sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit dan akan selalu kelihatan sehat.

musim-hujanhal yang harus di perhatikan atau perli dilakukan adalah :

  1. Pemberian multivitamin (Fortevit dan Vita Stress) dan imunostimulan (Imustim).
  2. Melaksanakan program vaksinasi sesuai jadwal. Beri perhatian terhadap penyakit-penyakit yang meningkat saat musim hujan seperti ND, AI, Gumboro, korisa dan IB.
  3. Melaksanakan program deworming (pemberian obat cacing) rutin terutama di peternakan ayam petelur yang memiliki masa hidup lebih lama. Beri obat cacing saat ayam berumur 1 bulan atau saat pindah ke kandang baterai. Pengulangan obat berdasarkan tipe kandang dan jenis cacing yang akan dibasmi. Untuk kandang postal berikan tiap 1 bulan sedangkan kandang baterai tiap 3 bulan. Menghadapi cacing gilik, deworming sebaiknya diulang tiap 1-2 bulan, untuk cacing hati tiap 3-4 bulan sedangkan cacing pita tiap 1 bulan.
  4. Melakukan program cleaning program (aplikasi antibiotik sebagai tindakan pencegahan). Akan lebih efektif jika peternak juga memiliki data kejadian penyakit sehingga cleaning program dapat benar-benar dilakukan sebelum penyakit terjadi

semoga dapat membantu.

sumber info.medion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>