Kali ini penulis akan mengulas Cara Mengenali Ayam Siap Bertarung, Pada dasarnya, ayam laga yang sudah siap bertanding adalah ayam yang sudah cukup umur yaitu > 8 tahun dan kenampakan fisik yang sudah terbentuk. Pada umur tersebut ayam berada dalam kondisi sudah siap dilatih dengan berat badan sekitar 3,2-3,4 kg. Kemampuan bertandingnya juga sudah dapat terlihat dari hasil tes abar (uji coba adu tarung). Selain itu, ciri-ciri ayam laga yang siap bertarung dapat dilihat dari 4 faktor sebagai berikut:

  1. Warna Kulit, Ciri ayam laga yang siap ditandingkan dapat dilihat dari warna kulitnya. Kulit ayam laga pada bagian wajah, kaki, daging pangkal sayap, dan paha dengan kondisi prima umumnya berwarna merah segar, tidak pucat dan lesu. Warna merah pada kulit menunjukan aliran darah dan sistem syaraf ayam berfungsi dengan baik dan dalam kondisi sehat.
  2. Bulu Ayam Mengkilat, Warna bulu merupakan gambaran tingkat vitalitas dan kesehatan ayam laga. Ayam laga yang sehat akan terlihat memiliki bulu yang mengkilat jika diterpa sinar matahari. Sedangkan ayam yang punya bulu kusam biasanya menunjukkan ayam kurang sehat.
  3. Kelincahan, Selain dari perubahan kenampakan fisik, ciri ayam yang siap ditandingkan juga akan terlihat dari gerakannya. Ayam yang siap bertanding umumnya akan bergerak dengan agresif, terutama jika melihat ayam laga sebayanya.
  4. Nafas Ayam, Napas yang panjang sangat menunjang kekuatan ayam dalam bertanding. Untuk memastikannya adalah dengan melakukan abar dengan ayam aduan lain. Jika dalam waktu < 15 menit napas ayam sudah terlihat terengah-engah, artinya ayam belum siap diturunkan ke arena. Sebaliknya, jika dalam waktu 25 menit stamina ayam masih kuat, maka bisa dipastikan ayam tersebut sudah siap untuk ditarungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>