Bagi peternak ayam sudah tidak asing dengan apa yang di maksut penyakit ILT pada ayam, Penyakit ILT merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan tidak dapat diobati secara tuntas. Pemilihan untuk melakukan vaksinasi ILT atau tidak, tergantung dari kondisi ayam serta tingkat rawan serangan ILT di peternakan. Sehingga untuk periode selanjutnya, karena peternakan Ibu termasuk daerah rawan ILT maka dapat melakukan 2 kali vaksinasi pada ayam petelur dengan Medivac ILT untuk daerah peternakan dengan risiko serangan ILT tinggi yakni pada umur 6-7 minggu kemudian diulang umur 16-17 minggu. Atau minimal 2-3 minggu sebelum umur serangan.

Tindakan yang bisa dilakukan antara lain :

  1. Seleksi dan isolasi pada ayam yang terserang berdasarkan tingkat keparahan penyakit.
  2. Pemberian antibiotik, terutama untuk mencegah infeksi sekunder oleh bakteri di saluran pernapasan. Antibiotik yang bisa diberikan yaitu Neo Meditril, atau Proxan-S, atau Therapy.
  3. Berikan imunostimulan seperti Imustim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh unggas. Sebagai supportif, berikan pula vitamin untuk meningkatkan stamina tubuh ayam seperti yang terkandung dalam Vita Stress atau Fortevit, yang akan membantu proses kesembuhan penyakit menjadi lebih cepat.
  4. Untuk menekan virus di lapangan, lakukan desinfeksi kandang dan peralatan menggunakan Desinsep atau Medisep.

Sumber : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>