ketika ayam broiler lumpuh banyak faktor yang menyebakannya di antaranya terkena bakteri Herpesvirus. Bakteri Herpesvirus atau lebih dikenal dengan nama penyakit Marek. Masa inkubasi penyakit Marek dapat berlangsung selama 2 minggu. Infeksi yang berasal dari ekskresi virus dari ayam yang sebelumnya terinfeksi akan muncul gejala klinis sekitar 3-6 minggu.

Ayam broiler lumpuh

Pada kasus akut, ayam dapat mati secara mendadak tanpa menunjukkan gejala klinis sebelumnya. Sedangkan pada ayam yang masih dapat bertahan, ayam akan menunjukkan gejala depresi dan lesu, kemudian mengalami gangguan gerak, dan berlanjut dengan kelumpuhan pada alat gerak (kaki dan sayap), baik parsial (salah satu sisi) maupun seluruhnya.

Gejala klinis pada kasus kronis, umumnya ditemukan kerusakan (pembengkakan dan kelumpuhan) pada saraf tepi yaitu pada saraf ischiadicus yang menyebabkan kelumpuhan pada kaki, nervus brachialis yang menyebabkan kelumpuhan di sayap (terkulai), serta nervus vagus yang menyebabkan gangguan dalam bernapas, serta leher menjadi terpuntir (tortikolis).

Perubahan patologi anatomi yang tampak setelah bedah bangkai pada kasus Marek yaitu adanya pembesaran saraf perifer pada satu atau beberapa saraf yang lain. Selain pembesaran, warna pada saraf perifer (tepi) juga berubah menjadi kuning sampai kelabu, hilangnya garis lintang, serta kadang terlihat oedema (bengkak karena berisi cairan).

saat ayam terlanjur terserang lumpuh akibat infeksi Marek, maka ayam sudah tidak bisa diobati karena penyebabnya adalah virus. Tindakan yang bisa diambil adalah pemberian antibiotik (Ampicol, Doxytin atau Neo Meditril) untuk mencegah infeksi sekunder. Tindakan untuk mencegah terjadinya infeksi Marek di antaranya dengan menyeleksi DOC, yaitu memilih DOC yang berasal dari induk yang sebelumnya pernah divaksin Herpesvirus di tingkat breeding farm.

sumber info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>