Bagi para peternak ayam petelur tentunya harus selalu waspada terhadap serangan penyakit, salah satunya Penyakit Ektoparasit. penyakit ini akan menurunkan produksi telur hingga 20% sungguh hal yang merugikan karena mengurangi pendapatan secara otomatis.

Penyakit EktoparasitPenyakit Ektoparasit pada ayam umumnya tidak menimbulkan kematian tetapi secara ekonomi merugikan. Parasit luar akan mengisap darah ayam dan menimbulkan kegatalan sehingga mengganggu pertumbuhan dan produksi telur. Kasus ektoparasit sendiri pada ayam pedaging jarang terjadi karena ayam dipanen pada umur 5-6 minggu. Sebaliknya, kutu bisa menjadi musuh utama bagi peternak yang memelihara ayam petelur dengan kondisi manajemen kandang yang kurang bagus.

Kutu yang menyerang ayam merupakan salah satu jenis ektoparasit. Selain kutu (lice), ektoparasit lainnya yang hidup di tubuh ayam ada bermacam jenis, antara lain tungau (mite), caplak (tick), dan pinjal (flea). Meski sekilas penampilannya nampak sama, namun sebenarnya masing-masing memiliki morfologi bentuk tubuh dan kebiasaan hidup yang berbeda.

Pengobatan untuk jenis Penyakit Ektoparasit.

KututoxOral obat kutu

Penanganan utama untuk membunuh ektoparasit seperti kutu, caplak, pinjal, tungau ialah dengan menggunakan obat anti kutu. Contohnya adalah Kututox Oral. Kututox Oral sangat efektif dan praktis karena diberikan lewat air minum. Antiparasit dalam Kututox Oral yang masuk ke dalam tubuh ayam kemudian akan diserap dalam usus, lalu beredar di dalam darah ayam. Saat kutu, tungau, pinjal, dan caplak menghisap darah ayam, zat aktif antiparasit akan kontak dengan ektoparasit dan kutu pun akhirnya lumpuh dan mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>