Jika anda mendapati anak ayam memiliki penyakit pada pernafasannya jangan panik, ada solusinya. Untuk mengatasi penyakit pernapasan pada anak ayam dapat digunakan produk antibiotik seperti Doxytin, Erysuprim atau Neo Meditril. Sementara untuk mengatasi penyakit pencernaan pada anak ayam dapat digunakan produk antibiotik seperti Amoxitin, Koleridin atau Coliquin.

Dalam memberikan antibiotik, di samping harus memilih jenis dan aplikasi yang tepat, perlu diperhatikan juga cara pemberian dan rolling antibiotik yang benar. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi-siang hari (06.00-12.00) dan pada siang-sore hari (12.00-18.00). Tujuannya adalah untuk memaksimalkan lama kontak obat dengan bakteri sehingga hasilnya lebih efektif. Air yang digunakan untuk melarutkan antibiotik juga harus dipastikan terbebas dari cemaran maupun bahan-bahan yang dapat mengganggu stabilitas dan daya kerja obat.

Rolling antibiotik atau penggantian jenis antibiotik perlu dilakukan setelah digunakan selama 3-4 periode pengobatan untuk menghindari terjadinya resistensi bakteri tehadap salah satu jenis antibiotik. Perlu diperhatikan, bahwa penggantian antibiotik di sini adalah mengganti jenis zat aktif yang satu dengan yang zat aktif lainnya dari golongan antibiotik yang berbeda.

sumber : info.medion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>